Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Beberapa Istilah dalam Internet, Web dan Blog

Posted by educrazy pada Mei 2, 2010

IP

Internet Protocol adalah protocol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protocol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protocol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data paket data antar-host di jaringan computer berbasis TCP/IP. Versi  IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791, dan dipublikasikan pada tahun 1981. Tetapi, akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.

Blogware

Weblog software. Aplikasi  yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog. Sebagai content management system (CMS) spesialis,  aplikasi ini mendukung penulisan, pemgeditan dan pempublikasian posting blog dan komentar, dengan fungsi khusus untuk memanajemen image, sindikasi web, serta moderisasi posting, dan komentar.

CMS

Content Management System. Sekumpulan tool yang didesain untuk membuat, memodifikasi , mengorganisasi informasi dari sebuah website. CMS modern dirancang user-friendly, sehingga bias dioprasikan oleh pengguna awam sekalipun. Saat ini, banyak aplikasi CMS yang disediakan secara cuma-cuma, misalnya; Drupal, Mambo, Joomla, WordPress, Blogspot, dll.

FOSS

Free and Open Source Software, disebut juga F/OSS, atau FLOSS (free/libre/open source software). Software berlisensi bebas yang memberikan jaminan hak kepada pengguna untuk mempelajari, mengubah, mengimprovisasi desain dengan menyeduakan source code-nya.


Plugin

Aplikasi berukuran kecil yang ditanam kedalam aplikasi lain yang lebih besar. Bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi induknya. Contohnya adalah plugin yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas WordPress agar mampu melakukan tugas-tugas tambahan sebagai website e-commerce.

Server-side

Sebutan untuk scripting yang dijalankan di sisi server, bukan di sisi client atau web browser (client-side). Ketika request datang dari client (web browser), web server akan memerintahkan server scripting mang-generate HTML untuk dikirimkan kepada web browser client. PHP, ASP, CFML, JSP adalah contoh-contoh script server-side.

Theme

Sekumpulan file PHP (atau bahasa server-side scripting lainnya), HTML dan CSS yang bertugas menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengunjungnya. Apa yang tampil dan Anda lihat ketika mengakses sebuah blog/websit, ditentukan oleh theme. Dengan kata laian theme adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan website/blog.

Bandwidth

Istilah yang menunjukkan kapasitas media dalam membawa informasi. Bandwidth dapat digunakan dalam banyak hal, misalnya telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat di transmisikan. Tetapi, juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

Proxy

Sebuah ringkasan untuk proxy server. Computer server atau aplikasi yang bertindak sebagai computer lainnya untuk merequest terhadap content  dari internet tau intranet. Pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server menganggap request-request tersebut, seolah-olah request itu datang secara langsung dari computer client, bukan dari proxy server.

Widget

Kata bentukan baru dari Window Gadget. Elemen GUI yang menampilkan informasi tertentu di halaman web atau desktop. Seperti halnya gadget, widget biasanya berukuran mini dan menjalankan fungsi khusus, misalnya manampilkan informasi web browser, processor,dsb.

GUI

Graphical User Interface. Nama generik untuk semua interface computer yang menggunakan grafis. Jendela (window), icon dan alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line). GUI kali pertama dikembangkan oleh Xerox, dan kali pertama digunakan pada computer Mac OS.

RSS

Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Sumary (RSS 0.9 and 1.0), Really simple Syndication (RSS 2.0.0) adalah keluarha format XML untuk web syndication yang digunakan oleh website berita dan blog. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog beserta link yang menunjuk kepada konten seutuhnya.

SEO

Search Engine Optimization. Seperangkat metode yang bertujuan untuk menaikkan peringkat website dalam SERP, dan dapat dianggap sebagai SEM. Istilah SEO juga mengacu kepada Search Engine Optimizer, sebuah industry konsultan yang menjalankan proyek optimasi mewakili situs client mereka.

FTP

Singkatan dari File Transfer Protocol, adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupaan standar untuk pentransferan file computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork dikenal dengan download dan upload file. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

IRC

Internet Relay Chat adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarien (nickname WiZ) pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program BBS yang disebut MUT (Multi User Talk), di Finlandia disebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet.

XML

Extensible Markup Language. Format universal untuk dkumen terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomendasikan oleh W3C. sebagai bahasa yang terbuka untuk mempresentasikan data, XML menjadi bahasa yang digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. Saat ini, telah banyak fasilitas/layanan di internet yang ditulis dengan standar XML, antara lain RDF, RSS, MathML, XSIL, dan SVG.

SEM

Search Engene Marketing. Bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website mereka dengan meningkatkan visibilitas di SERP. Menurut Search Engine Merketing Professional Organization, metode SEM termasuk: SEO, penempatan berbayar, periklanan kontekstual, dan penyertaan berbayar.  Sumber lain, termasuk New York Times, mengartikan SEM sebagai praktik membeli daftar pencarian berbayar.

RDF

Resource Description Framework. Keluarga spesifikasi W3C yang didesain untuk mempresentasikan informasi tentang data melaui web, terutama untuk mempresentasikan metadata (data tentang data) mengenai suatu dokumen web. Sebagai contoh, RDF dapat mempresentasikan title, author, modification date, copyright serta informasi mengenai license.

ASP.NET

Activate Server Pages.NET. Teknologi layanan web dinamis, aplikasi web dan XML web service yang dikembangkan oleh Microsoftsebagai pengganti ASP yang telah lama. Teknologi ini berbasis .NET Framework dan dibangun di atas Common Language Runtime (CLR), sehingga para programmer dapat menulis kode ASP.NET dengan menggunakan semua bahasa pemrograman .NET.

C++

Bahasa object-oriented programming yang dipandang oleh banyak orang sebagai bahasa terbaik untuk membuat aplikasi skala-besar. C++ memayungi bahasa C. Sebuah bahasa pemrograman terkait, Java, berbasis pada C++, tapi dioptimasi untuk distribusi objek program dalam network seperti Internet.

CGI

Common Gateway Interface. Sebuah interface yang dirancang untuk melakukan stadarisasi transfer data antara web server dan aplikasi. Web server biasanya menggunakan aplikasi. CGI untuk menerima dan memproses informasi dan user. Misalnya sebuah form yang disampaikan oleh user ke web server akan melewati  aplikasi CGI untuk pemrosesan selanjutnya.

JSP

JavaServer Pages. Teknologi server side Java yang memungkinkan pengembang software untuk membuat halaman web yang dinamis dengan HTML, XML, atau jenis dokumen lainnya, sebagai respons request dari web client kepada Java Web Aplication container (server). Untuk mengaktifkan fitur ini, sebuah halaman HTML diberi ekstendi .jsp, .jspx untuk halaman XML.

Perl

Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemroraman yang untuk memproses teks. Karena kemampuannya dalam memproses teks. Perl menjadi bahasa yang banyak digunakan untuk menulis script CGI. Perl adalah interpretive language, sehingga mudah untuk membuat dan menguji program-program sederhana.

Phyton

Bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek. Phyton dapt digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak, dan dapat berjalan di berbagai platform operating system. Phyton didistribusikan di bawah lisensi open source sehingga dapat digunakan secara bebas bahkan dalam pengambangan aplikasi komersial.

2 Tanggapan to “Beberapa Istilah dalam Internet, Web dan Blog”

  1. Ijin copas ya bang? salam kenal juga

  2. I suppose I’m gonna have to read up some more but this is a pretty good spring board.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: