Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Tips Belajar Ketika si Malas Datang

Posted by educrazy pada Mei 2, 2010

Tentunya pembaca pernah mengalami hal seperti ini : Ketika sedang belajar, tiba-tiba muncul rasa malas. Ingin rasanya tiduran sebentar di kasur/sofa sambil menonton TV untuk istirahat. Sebenarnya hal ini manusiawi. Tetapi, kalau belajar belum lima menit sudah mau istirahat? Itu malas. Nah, ini dia kesalahan nomor satu.

1. Jangan pernah belajar di tempat yang banyak gangguannya.

Jauhilah benda yang disebut sebagai TV, radio, kasur, tempat tidur dan sofa. Biasakan untuk belajar menggunakan meja belajar, ditunjang dengan suasana yang nyaman untuk belajar [beberapa orang nyaman untuk belajar di keadaan hening, namun ada yang efektif dengan musik klasik dll.], sehingga rasa malas pun sulit untuk datang. Contoh cara belajar yang bagus, yakni Yagami Light dari komik Death Note.

2. Gunakan break, waktu istirahat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daya konsentrasi maksimum manusia hanya bisa dipertahankan selama 16 menit. Setelah itu, daya konsentrasi manusia akan berkurang. Oleh karena itu, saya sarankan untuk melakukan break, bisa dengan musik, minum, ataupun peregangan. Jauhi TV ya, apalagi tempat tidur. Saya sarankan, break dilakukan setiap 40 menit belajar.

3. Ketika malas sudah tidak bisa ditahan?

Ketika kepala kamu sudah benar-benar akan meledak, pikiranmu berteriak, itu pertanda kamu harus memanjakan pikiran kamu. Lakukan kegiatan favorit kamu, misalnya main bola, istirahatlah untuk satu hari. Bermain game boleh, tetapi jangan yang adiktif. Toh, waktu kamu masih banyak kan? [apa yakin masih banyak?


4. Kalau malas terus?

Berubah dong. Ada banyak cara untuk menyiasati kemalasan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ‘teori 5 menit’. Mulailah, paksa diri kamu untuk belajar 5 menit saja. Kalau mau terus, syukur… kalau mau berhenti juga tidak apa-apa. Tapi, kebanyakan orang cenderung untuk terus belajar.

Baby’s guide :

Sebenarnya, rasa malas dialami oleh semua orang. Ada orang yang bisa menyiasati kemalasan tersebut, namun ada orang yang terus terbuai oleh kemalasannya sendiri. Beberapa cara untuk menyiasati kemalasan :

1. Ciptakan situasi lingkungan yang nyaman
2. Pakai meja belajar!
3. Jauhi TV, tempat tidur
4. Istirahat, 5-7 menit setiap 40 menit

Written By : lestiatmo.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: