Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Tunanetra Pecahkan Rekor Pengemudi Tercepat Dunia

Posted by educrazy pada Mei 2, 2010

Tak ada yang tak mungkin! Prinsip hidup seperti inilah yang dianut Metin Senturk. Menderita kebutaan sejak berusia tiga tahun, tidak membuatnya patah semangat.

Penyanyi dan pembawa acara asal Turki ini justru menjadi panutan banyak orang. Terakhir, Senturk membuat banyak orang terkagum-kagum karena sanggup mencatatkan dirinya dalam buku Guinness World Records dengan memecahkan rekor untuk kategori pengemudi tercepat di kalangan orang buta.

Senturk sanggup menggeber Ferrari F430 dengan kecepatan 292,89 kilometer/jam. Dia melampaui catatan sebelumnya yang dipegang Mike Newman dengan selisih 8,89 km/jam.

Newman yang berprofesi sebagai manajer bank di sebuah bank Inggris tersebut memecahkan rekor pada 2005 dengan catatan 284 km/jam. Senturk memecahkan rekor dengan mengelilingi runway Bandara Sanliurfa GAP, Sanliurfa, Turki bagian tenggara, akhir pekan kemarin.

Lintasan sejauh 4 km tersebut sanggup dilalap Senturk hanya dengan waktu 50 detik. Perwakilan Guinness World Records Aleksandr Vypirailenko mencatat kecepatan tertinggi yang dicapai Senturk mencapai 303,62 km jam dan kecepatan rata-ratanya adalah 292,89 km/jam.

Karena buta, Senturk tentu saja tidak melakukan semua usahanya sendiri. Selama ngebut di balik kemudi kuda jingkraktersebut, Senturk diberi arahan secara verbal oleh instruktur yang juga pelatihnya, Volkan Isik.

Mantan pembalap reli ini menggunakan mobil terpisah dan mengawal Senturk dari belakang. Isik yang bertugas sebagai mata bagi Senturk berteriak-teriak di earphone Senturk untuk memberi keterangan arah.

“Saya tidak memiliki kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan ini. Saya sangat senang. Saya tahu ini sangat susah dan seperti bermain-main dengan kematian tapi saya akhirnya melewati itu. Kami sudah bekerja keras untuk menciptakan rekor itu. Saya percaya bahwa saya mampu melakukannya dan akhirnya memang begitu,” papar sang istri, Fulya.

Senturk berjanji tidak akan membiarkan tahtanya sebagai pengemudi tercepat jatuh ke tangan orang lain. Kalaupun nanti ada seseorang yang bisa menyamai rekornya, dia akan membalap lagi untuk melampaui pesaingnya itu.

“Kalau ada yang mencoba melampaui rekor ini, saya tidak akan tinggal diam. Saya akan mengalahkannya dengan menambah kecepatan 20 km/jam agar rekor itu tetap menjadi milik saya selamanya,” ujar Senturk.

Yang luar biasa, niat Senturk untuk memecahkan rekor dilakukannya untuk Handicapped Association. Yayasan yang didirikan Senturk ini memfokuskan diri pada pemberdayaan orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, seperti dirinya.

Source: autos.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: