Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Cara Mengelola Stres

Posted by educrazy pada Mei 6, 2010

Stres bisa berdampak buruk pada kinerja kerja, hubungan social dan keluarga, bahkan juga menimbukan penyakit fisik.Mengelolanya secara tepat tentu dapat meminimalkan dampak-dampak buruknya. Coba saja jalani kiat-kiat berikut ini:

Hadapi Kenyataan

Jangan berdalih bahwa ‘semua baik-baik saja’ kalau sesungguhnya Anda sedang stres. Mengakui stres adalah langkah awal untuk dapat mengelola stres menjadi energy penolong yang positif.

Kenali Penyebab Setres

Mengenali sebab dan sumber stress akan memudahkan kita untuk mengambil langkah penanganan yang tepat. Apakah stress ini disebabkan oleh masalah pekerjaan di kantor? Karena rutinitas harian? Karena terlalu banyak beban yang diambil? Karena komunikasi dengan pasangan terhambat hingga hubungan memburuk? Karena terlalu tinggi matetapkan target? Setelah jelas lakukan langkah-langkah perubahan sesuai dengan akar masalahnya.

Dekatkan Hubungan Dengan Allah SWT.

Salah satu dampak stress adalah mnculnya perasaan tidak tenang. Maka tingkatkan kualias dan kuantitas hubungan dengan Allah untuk meraih ketenangan hati. Memperbanyak dzikir, shalat sunnah, memperbanyak shaum (puasa) dan memperbanyak tilawah adalah beberapa diantara strategi efektif dalam mengelola stress menjadi berniali positif.

Lakukan Relaksasi

Begitu anda merasakan gejala-gejala stres, tarik nafas dalam-dalam dengan hidung dan hembuskan perlahan-lahan dengan mulut. Relaksasi otot-otot tubuh yang kaku dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti stretching dan putaran sendi. Langkah ringan ini bisa member kesempatan dari kita menekan emosi yang tengah bergejolak menjadi reda dan santai.

Curahkan Perasaan

Jangan pendam perasaan tidak nyaman seorang diri karena bisa menambah efek buruk stress. Badan sakit, pikiran melantur, produktifitas pun menurun. Curahkan perasaan tidak nyaman dengan keluarga, sahabat, psikolog atau orang lain yang dapat anda percaya. Bebagi perasaan pada orang lain, selain melegakan perasaan, juga berpeluang memperoleh solusi dari masalah.

Tuliskan Semua Uneg-Uneg

Kalau ada hal-hal yang tak mungkin Anda ungkapkan kepada orang lain, semisal alasan kesedihan, kemarahan atau aib, ambil sehelai kertas dan curahkan perasaan dan pikiran Anda disana. Setelah Anda puas menuangkan segala rasa, simpan kertas dan baca kembali keesokan harinya. Anda akan terkejut ketika bahwa perasaan Anda saat membaca kertas curhat itu, sudah jauh lebih baik dari saat Anda menuliskannya. Ini disebabkan, sebagian besar energy kemarahan, kesedihan atau ketakutan Anda telah tercurahkan. Robek atau bakar tulisan itu tadi dan mulailah menjalani hidup yang lebih baik.

Bernyanyilah

Menyanyi juga bisa membantu melegakan perasaan dan menurunkan tingkat stress. Utamakan menyanyikan lagu dengan irama dan syair yang riang. Kalau situasinya memungkinkan, menyanyilah keras-keras dan hayati lagu/nasyid yang Anda suarakan sepenuh hati. Energi yang Anda salurkan lewat energy juga mampu meredakan emosi dan menimbulkan perasaan gembira di hati.

Ganti Suasana

Stres juga dapat ditimbulkan oleh rutinitas. Maka, untuk mengatasinya, ubahlah rutinitas yng sudah berlangsung selama ini. Pergilah jalan-jalan, ambil kegiatan baru atau kebiasaan baru dan ubahlah situasi rumah atau tempat kerja Anda. Menata ulang perabot, mengambil jalan lain saat pergi dan pulang kerja juga bisa menjadi pilihan.

Berpikir Positif

Tak ada orang yang bertanggungjawab atas masalah dan hidup kita kecuali diri kita sendiri. Apakah ster akan menjadi penghancur kehidupan ataukah pendorong semangat, semua tergantung bagaimana pada cara Anda melihat sisi lain dari masalah. Berpikirlak positif dalam setiap kondisi. Ingatlah bahwa bersama kesulitan Allah janjikan ada kemudahan-kemudahan. Dengan terus menumbuhkan kebiasaan berpikir positif, mudah-mudahan kita akan menjadi pribadi yang menakjubkan sebagaimana yang dinyatakan Rasulullah,”Sungguh menakjubkan orang mukmin itu, manakala mendapat kebaikan mereka bersyukur dan ketika mendapat musibah mereka bersabar”.

Lakukan Segera

Jangan tunggu stress Anda tumbuh berlarut-larut dalam diri Anda. Sebelum ia menjadi sumber penyakit  fisik dan mental, hadapi dan kelola stress sedini mungkin. Yang terbaik, tentu saja mempersiapkan diri untuk selalu siap menghadapi persoalan hidup dengan menyandarkan harapan dan kepasrahan hanya kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: