Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Beberapa Tips Untuk Menguatkan Ruhiyah

Posted by educrazy pada Mei 8, 2010

Oleh : Hendi Kurniah
Dalam Buku : Public Speaking and Spiritual Motivation

A. Sucikan diri dengan berwudhu.

Wudhu akan memancarkan cahaya keimanan bagi yang selalu mengerjakannya. Dengan membersihkan fisik serta mensucikan hati akan memberikan kesan ketegasan dan kelembutan pada wajah. Wajah yang selalu dibasahi dengan air wudhu membuat orang tenang, senang, bahagia dan tentram menatapnya. Kesucian wudhu merupakan mutiara cahaya yang gemerlap di terangnya bulan purnama. Wajah yang dihiasi wudhu dapat membuka celah positif bagi orang yang menatapnya.

B. Shalat Sunah Dua Rakaat.

Tegakkanlah shalat sunah untuk mendapatkan kekuatan iman yang kokoh. Serahkan segalanya hanya pada Allah saja. Apapun yang terjadi hanya Dia yang berhak menentukannya. Ambil kekuatan dan energi dari kekhusu’an shalat kita. Baginda rasul, para sahabat dan orang-orang sholeh mengharapkan pertolongan kepada Allah dengan shalat yang mereka kerjakan. Maka salatlah insya Allah hidup Anda akan berkualitas.


C. Tilawah Al Qur’an.

Membaca qur’an akan memberikan kefasihan pada lisan dan kekuatan hati. Bahasa Qur’an adalah sebaik-baiknya bahasa. Membiasakan diri dengan membaca kalimat-kalimat suci akan melembutkan dan menghaluskan perkataan kita. Cahaya Qur’an akan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Sungguh setiap ayat yang kita baca akan memberikan kebarokhan dan kebaikan. Bacalah dengan seindah dan sebaik-baiknya bacaan. Luar biasa sungguh dahsyat kalamullah bagi kehidupan kita.

D. Perbanyak Istighfar.

Memperbanyak istighfar adalah keutamaan hidup. Kita sadari bahwa setiap saat kita berpeluang melakukan dosa. Demgan istighfar akan menggugurkan dosa-dosa kecil yang kita lakukan baik disengaja maupun tidak. Lidah orang yang selalu basah dengan istighfar akan selalu dibimbing dan dituntun oleh Allah. Sehingga kata-kata yang keluar adalah kata-kata bijak yang tidak keluar dari kebenaran.

E. Berdzikir dan Berdoa.

Selalu dan selalulah mengingat Allah. Sebut nama-Nya setiap denyut nadi kita. Hujamkan ketundukan hati kita hanya dengan mengingat-Nya. Berdzikirlah dengan zikir yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepada kita umat-umatnya. Dan berdoalah dengan keyakinan dan kesungguhan. Berdoa agar Allah selalu menyertai setiap perbutan kita. Allah yang menggerakkan dan membolak-balikkan hati manusia. Hanya Dia Maha Pemberi Hidayah. Mohonlah ampunan atas segala dosa. Tidak ada yang mampu menolong kita kecuali Allah saja. Maka perbanyaklah dzikir dan doa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: