Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Tips Menghafal Pelajaran yang Efektif dan Efisien

Posted by educrazy pada Mei 8, 2010

Setelah banyak menulis tentang kategori spiritual dan militer, saya ingin sharing dengan para pelajar atau mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam mencapai hasil yang memuaskan/optimal dalam mengerjakan pekerjaan soal soal ujian, terutama yang bersifat hapalan….

Untuk diketahui, manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga…Otak kiri yang berfungsi untuk menangani materi yang bersifat matematis, logis…..otak kanan yang menangani materi yang bersifat intuitive, spiritual, emosional…dan otak belakang yang menangani masalah memory….

Kalau kita menghapal sebuah mata pelajaran, termasuk rumus matematika, ilmu ukur sudut, logarithma, bahasa, sejarah dll, apa yang kita baca dan hapal, semuanya direkam oleh otak kiri dan disimpan didalam otak belakang yang berfungsi sebagai gudang memory atau semacam hard disknya computer….

Pada saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian, kita akan memerintahkan otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah disimpan di memory otak belakang…..

Disinilah letak kendalanya, menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia di Amerika Serikat, ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan metoda standard, untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan di otak belakang, maksimal hanya 20% saja….

Akibatnya, pada saat kita harus menjawab soal ujian, maksimal hanya 20% yang bisa dijawab sempurna, yang lainnya hanya kira kira saja/gambling…

Sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka kembali hasil rekaman yang tersimpan diotak belakang bisa meningkat sampai optimal, mendekati 100%….

Jawabnya adalah… kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas maksimal…,sangat lelah, agar otak kanan kita secara tomatis akan segera membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa perintahkan otak kanan bekerja, dia akan bekerja secara intuitive, bila keadaan sudah emergensi, darurat….)….

Mengapa harus dibantu otak kann?…Otak kanan mempunyai kemampuan mengakses semua hasil rekaman yang berada didalam otak belakang….Otak kananlah yang berfungsi dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual…Otak kanan memiliki kemampuan radar dan pemancar yang frequensinya bisa berhubunan dengan frekuensi otak belakang dan alam semesta…Otak kananlah yang bisa mengakses kekuatan alam bawah sadar yang tersembunyi didalam otak belakang kita…

Sekarang bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang intuitive turun tangan menolong otak kanan?….

Caranya adalah sebagai berikut:

* Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul….
* Kemudian kalau merasa sudah hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja….
* Setelah tubuh dan otak sudah terasa dingin dan santai, ambil kertas dan fulpen….lalu kita tuliskan kembali semua yang kita hafalkan tadi diatas kertas, dengan menggunakan singkatan singkatan semacam jembatan keledai (contoh singkatan/jembatan keledai untuk Siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa….jembatan keledainya adalah: Siabidibame…)…
* Saya yakin, pertama kali melakukkan uji coba, maka anda hanya aka mampu menuliskan kembali apa yan anda hafal, sebanyak 20% secara baik…yang lainnya lupa lupa ingat/ragu ragu…
* Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu….
* Setelah anda mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca, dikeluarkan dari otak belakang anda/memory sebanyak 100% dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut turut dan hasilnya sama baiknya, ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda belajar…
* Setiap hari,minimal satu kali anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak, bukan diaca dari kertas berisi singkatan itu !!!
* Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan…

Dengan cara belajar menghapal seperti ini saya telah berhasil antara lain:

· Mendapatkan hasil prestasi terbaik ujian SMA Negri untuk profinsi Jawa Barat pada tahun 1961…

· Prestasi terbaik (no 1, mendapatkan Bintang Kartika Cendekia)untuk jurusan tempur AMN lulusan 1965…

· Ujian masuk pendidikan Seskoad 1978 hanya sekali langsung lulus (umumnya beberapa kali baru lulus masuk)….

· dll..

Mudah mudahan metoda saya ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berprestasi dalam ujian yang bersifat menghapal…maaf kalau ada yang kurang bisa menerima metoda saya ini…hanya sekedar sharing….

Sumber : http://www.unsri.ac.id/blog/intan/gudang-ilmu/tips-menghapal-pelajaran-yang-efektive-dan-efisien

2 Tanggapan to “Tips Menghafal Pelajaran yang Efektif dan Efisien”

  1. dimas said

    makasie ya atas sarannya…aku ingin jadi yag terbaik

  2. Seldy said

    terima kasih atas sharingnya , dan akan ak coba..semoga membantu ..aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: