Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Nenek Moyang Buaya Ditemukan di Brasil

Posted by educrazy pada Mei 12, 2010

Ahli purbakala asal Brasil mengkali telah menemukan sebuah fosil mahluk predator mirip buaya. Anehnya, meski diperkirakan hidup sekira 238 juta tahun lalu, fosil tersebut masih terawat dan nyaris utuh.

Makhluk yang diberi nama Prestosuchus chiniquensis memiliki ukuran panjang sekira tujuh meter dengan berat 900 kilogram. dan hidup di zaman Triassic atau sekira 200 hingga 250 juta tahun lalu.

Sebuah tim yang dipimpin oleh ahli paleontologi Sergio Furtado Cabreira dan ahli biologi Roberto da Silva Lucio menemukan fosil tersbeut di kota Dona Francisca, yang terletak 260 kilometer dari Porto Alegre, ibukota negara bagian selatan Rio Grande do Sul.

“Ini adalah sesuatu yang kita tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Dilihat dari  kualitas dan ukuran fosil, kami menyebut mahluk ini sangat sensasional,” ujar da Silva seperti dikutip melalui Straits Times, Rabu (12/5/2010).

“Penemuan ini memungkinkan kita untuk memahami lebih jauh anatomi Prestosuchus dan mempermudah kami membentuk kembali kerangkanya,” lanjut da Silva.

Ditambahkan Cabreira, temuan yang paling penting adalah fosil bagian kaki belakang yang masih terawat. Hal ini diperkirakan Cabreira akan memberikan informasi tambahan mengenai gerak reptil yang luar biasa ini.

Fosil-fosil ini ditemukan dalam formasi batuan sedimen yang pada jutaan tahun lalu diprediksi adalah sebuah danau. Ahli paleontologi percaya bahwa makhluk herbivora (mahluk pemakan tumbuhan) berhenti untuk minum di danau tersebut karena mereka disergap oleh karnivora (mahluk pemakan daging) seperti Prestosuchus. The Prestosuchus, yang diprediksi merupakan kerabat dekat buaya, memiliki tengkorak yang besar dan dalam, dengan gigi bergerigi dan ekor panjang.

Source: techno.okezone.com

2 Tanggapan to “Nenek Moyang Buaya Ditemukan di Brasil”

  1. indotopten said

    Account Anda telah disetujui admin INDOTOPTEN.com, login dan copy paste banner untuk mengetahui riwayat statistik dan rangking situs Anda..
    Terima kasih…

  2. nenek moyang buaya darat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: