Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Cara Mudah Menyembuhkan Flu

Posted by educrazy pada Mei 17, 2010

Datangnya musim hujan biasanya juga menimbulkan wabah flu. Penyakit ini boleh dibilang tidak berbahaya, tetapi efeknya cukup mengganggu. Coba, siapa yang tahan bila harus bekerja dalam keadaan bersin-bersin sepanjang hari, ditambah hidung yang terus meler, dan tenggorokan yang gatal?

Orang mungkin akan menggunakan kata “flu” untuk semua jenis penyakit ringan, seperti masuk angin atau virus perut yang menunjukkan gejala seperti flu. Namun flu yang sebenarnya berbeda. Gejala flu biasanya lebih parah daripada pilek, dan berlangsung lebih lama. Flu biasanya juga tidak menyebabkan muntah atau diare.

Yang menyebabkan flu
Flu -dari kata influenza- sebenarnya terjadi karena infeksi virus. Penyakit ini menyebabkan demam, rasa sakit pada tubuh, sakit kepala, batuk kering, dan tenggorokan yang perih atau gatal. Anda mungkin juga merasa lebih cepat lelah. Gejala ini terasa paling parah untuk 3 atau 4 hari pertama, dan butuh 1 atau 2 minggu untuk benar-benar sembuh.

Bila Anda berada di sekitar orang yang terkena virus flu, dalam 1 atau 4 hari Anda akan mengalami gejala flu. Kebanyakan orang akan membaik tanpa masalah. Namun kadang-kadang flu bisa menyebabkan infeksi bakteri, seperti infeksi telinga, infeksi sinus, atau bronchitis. Dalam kasus-kasus tertentu, flu juga bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti pneumonia.

Ada orang-orang tertentu yang akan lebih mudah terkena flu. Misalnya anak-anak, wanita hamil, orang yang sudah berusia lanjut, dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan. Mereka ini akan lebih susah melawan infeksi tersebut.

Bagaimana menyembuhkannya?
Sebenarnya, kita bisa menyembuhkan flu sendiri di rumah. Kebanyakan orang akan memilih beristirahat, minum banyak air putih, makan dengan sehat, dan minum obat untuk menurunkan demam.

Jika Anda ke dokter, Anda mungkin memang akan diberi obat yang dapat meringankan gejala flu. Namun anda harus mengonsumsinya dalam 2 hari pertama gejala tersebut berlangsung.

Anda juga bisa mencegah flu dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Waktu terbaik untuk mendapatkan vaksin ini adalah pada bulan Oktober dan November, sebelum musim flu mulai.

Siapa pun bisa mendapatkan vaksin ini, khususnya untuk orang-orang yang mempunyai risiko lebih tinggi terkena flu. Contohnya, anak-anak usia 6 bulan sampai 4 tahun, orang berusia di atas 50 tahun, orang dewasa dan anak-anak yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang atau gangguan sistem kekebalan, dan wanita yang hamil pada musim flu.

Vaksin flu yang disarankan untuk pekerja medis, dan siapa saja yang tinggal atau bekerja dengan orang yang punya risiko mengalami masalah dengan flu. Jika Anda tidak mengalami flu setelah mendapatkan vaksin ini, gejala Anda akan lebih ringan, dan peluang untuk terkena masalah dari flu juga lebih sedikit.

Source: kesehatan.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: