Educrazy's Blog Title

Tutorial WordPress dan Gudangnya Pengetahuan

Menyiasati Lingkungan Kerja yang Tak Nyaman

Posted by educrazy pada Mei 18, 2010

REKAN kerja yang tak bisa dipercaya, atasan yang tak mau mengerti, dan sistem kerja yang berantakan. Bagaimana agar Anda bisa tetap tersenyum menghadapi semua itu, setiap hari?

Orang-orang yang mendapatkan pekerjaan yang layak adalah orang yang beruntung. Tapi bagi mereka yang bekerja, bisa jadi mereka merasa tak seberuntung itu. Pasalnya, banyak pula karyawan yang tidak betah bekerja di sebuah perusahaan karena lingkungan kerjanya yang dianggapnya tidak menyenangkan.

Kadang kala, setiap rekan kerja dan atasan di kantor selalu membawa masalah pribadi mereka ke tempat kerja, yang tentu saja menjadi berakibat buruk bagi rekan atau bawahannya. Belum lagi tekanan kerja yang semakin besar. Lebih buruk lagi jika fasilitas yang tersedia tak sebanding dengan tekanan kerja tersebut. Bayangkan jika Anda harus menjalani kondisi buruk itu setiap hari, tentu akan membuat Anda stres berat.

Tentu saja, memutuskan untuk langsung mengundurkan diri dari pekerjaan bukanlah keputusan yang tepat, mengingat tak mudah untuk mendapatkan pekerjaan baru atau membangun sebuah bisnis baru. Deborah A Bailey, penulis “Think Like an Entrepreneur: Transforming Your Career and Taking Charge of Your Life”, mencoba mengajak Anda menempuh beberapa langkah agar Anda tetap bahagia di tengah orang-orang yang tertekan dengan pekerjaannya.

Jangan terpengaruh aura negatif

Jika semua orang di sekeliling Anda mengeluh dan stres dengan pekerjaan dan hidupnya, bukan berarti Anda juga harus mengikuti jejak mereka. Pertama, memang sulit untuk berkonsentrasi dan tetap berpikir positif jika Anda dikelilingi pemikiran yang negatif, tapi cobalah untuk tidak terlibat dalam masalah yang mereka alami.

Jika Anda mendengar cerita negatif dari rekan kerja atau atasan, cobalah untuk tidak segera bereaksi. Cobalah untuk diam sejenak dan mengevaluasi situasi dan kondisi yang ada. Kalaupun Anda mencoba membenarkan perkataan negatif orang tersebut tak akan banyak berguna dan membuat keadaan menjadi tidak terkontrol. Lebih parah lagi, hal ini malah akan membuat aura negatif semakin menyebar. Satu orang berkata negatif dan yang lainnya mengamini atau mengeluarkan pernyataan negatif lainnya, maka semua orang akan terjebak dalam sebuah drama dan lingkungan yang buruk.

Beristirahat atau berlibur

Lingkungan kerja yang buruk bisa sangat menguras energi dan pikiran Anda. Jika Anda mudah lelah, sakit, atau terserang stres, itu artinya lingkungan kerja sudah membuat Anda berada dalam kondisi yang buruk.

Jika ini terjadi, cobalah untuk mengasingkan diri dulu dari segala hal yang membuat Anda berpikir negatif. Cobalah untuk keluar kantor sejenak, jika memungkinkan. Jika tidak, mintalah cuti dan lakukan kegiatan yang bisa mengembalikan semangat dan pikiran positif Anda. Jika pekerjaan membuat Anda harus lembur, maka cobalah membuat batasan yang jelas agar Anda bisa tetap menjalani kehidupan di luar kantor dengan sehat.

Hindari politik kantor

Anda bisa saja memilih untuk terlibat dalam politik kantor, aktif mengikuti gosip kantor, atau melakukan aksi menusuk teman dari belakang. Namun sekali Anda terlibat dalam politik kantor, maka sulit bagi Anda untuk bisa merasa bebas dan tidak tertekan. Cara terbaik ialah lupakan politik kantor yang membuat Anda stres, lebih baik fokus saja pada pekerjaan Anda.

Contohnya, jika Anda harus mengikuti sebuah pertemuan tempat berembusnya politik kantor, cobalah untuk tetap profesional.

Jangan berpihak dan mudah terpengaruh dengan berita atau pernyataan yang Anda dengar. Tentu saja, sampai titik tertentu Anda mungkin akan terpisahkan dari kelompok orang-orang yang mengeluh atau yang saling menyalahkan, tapi hal ini justru akan membuat kondisi psikologis Anda lebih baik. Setidaknya, saat politik kantor memanas, posisi Anda akan cenderung aman.

Menyadari jika saatnya pindah kerja

Jika kondisinya sudah demikian buruk dan semua usaha untuk memperbaikinya tidak berhasil, mungkin sudah saatnya Anda berpikir untuk pindah departemen atau pindah ke perusahaan lain. Namun sebelum Anda membuat keputusan, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang pekerjaan yang Anda incar atau yang akan segera Anda jalani.

Riset terhadap pekerjaan baru sangatlah penting agar Anda tidak terjebak ke dalam kondisi dan lingkungan yang sama tidak menyenangkannya dengan kondisi di tempat kerja sebelumnya.

Tentu Anda tidak ingin selalu berpindah-pindah kerja hanya untuk menghindari kondisi dan lingkungan kerja yang tidak baik, bukan? Yang penting, cobalah untuk tetap fokus pada target karier yang telah Anda buat. Jangan sampai kemarahan menguasai diri Anda dan tetaplah berpikir positif.

Source: lifestyle.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: